Monday 6 May 2013

Selamat Datang Monorail Made In Indonesia (Dari Apatis Menjadi Optimis)


Konstruksinya megah, dengan bagian kepala seperti kereta cepat makin membuat gagah dan kelas satu, kapasitasnya lebih besar daripada yang umumnya ada, sistem tiketing juga digital, pas seperti yang ada di film-film luar negeri. Warnanya juga eye catching dengan baluran merah dan putih, kecanggihan benar-benar membuat karya anak bangsa naik satu tingkat dalam bidang teknologi.

Ya ini adalah peresmian mock up atau prototype monorail buatan Indonesia yang diperkenalkan di Madiun Jawa Timur. Dahlan Iskan selaku menteri BUMN ikut serta dalam membuka peresmian dari prototype yang didesain dan dibuat oleh PT Inka di Madiun ini, hal ini akan menjadi psy war bagi anak bangsa yang percaya dengan buatan luar dan sering mencela buatan dalam negeri.

Rencanya PT Adhi Karya selaku pimpinan konsorsium BUMN dalam mengembangkan monorail Jabotabek, berikut dengan anggota BUMN lainnya yang akan mengerjakan sesuai bidang masing-masing seperti Telkom yang akan membuat fasilitas hot spot dan juga mesin tiket sekelas mesin ATM, belum lagi rel kereta api layang yang akan dibuat PT Adhi Karya serta sistem transmisi oleh PT. Len, jadilah proyek keroyokan ala BUMN Indonesia.

Selain Monorail Jabodetabek akan ada 2 proyek monorail yang akan memakai monorail buatan PT Inka yaitu proyek monorail bandara Sukarno Hatta dan Monorail pelabuhan Tanjung Priok yang rencananya akan dikhususkan untuk mengangkut barang.

Proyek Monorail ini jelas merupakan salah satu bukti penebusan dosa PT. Adhi Karya yang tersangkut kasus Hambalang, kasus yang menjerat dua direkturnya serta menteri olahraga ini benar-benar telah merusak citra Adhi Karya yang sudah mempunyai reputasi baik nasional maupun regional.

Dari Apatis Menjadi Optimis

Kita sering mensangsikan bagaimana produk Indonesia, sehingga produk Indonesia sering mengubah nama dan brand seperti kebarat-baratan supaya menarik perhatian masyarakat Indonesia. Banyaknya sikap apatis dari masyarakat membuat beberapa produk Indonesia berguguran dan akhirnya menghilang tanpa sebab, sebuah peristiwa ironis ketika beberapa anak bangsa berkarya.

Banyak brand besar dunia yang justru ramai-ramai mengalami penolakan dari masyarakat luas, selanjutnya ditunggu bagaimana Monorail buatan PT. Inka akan mengugah rasa cinta produk dalam negeri dan menjadi terkenal di luar negeri.




No comments:

Bendung Raknamo Yang Tak Sekedar Kado

Bendungan Raknamo (Detik.com) Selasa 9 Januari 2018menjadi hari spesial bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur, karena selain kunjungan p...