Saturday 25 January 2014

Lewati Jakarta, Bojonegoro Pasang Wifi di 1000 titik lokasi publik



Perkembangan teknologi telah membuat internet menjadi bagian penting. Akses untuk memperolehnya pun kini semakin mudah dengan seiring perkembangan zaman. Tempat-tempat umum atau ruamg terbuka bahkanm kini dilengkapi oleh akses internet dan itu didapat secara cuma-cuma. Hal ini juga ingin dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur yang meluncurkan program "Digital Society" dengan membangun akses internet melalui jaringan wifi di 1.000 lokasi untuk menunjang pengembangan Bojonegoro menjadi lumbung energi dan pangan.

"Telkom diminta merealisasikan program akses internet melalui jaringan wifi di 1.000 lokasi paling lambat akhir 2014," kata Humas Telkom Area Jawa Timur, Invone Andayani, sebelum acara peluncuran program Bojonegoro "Digital Society", di Bojonegoro, Sabtu. Ia menjelaskan saat ini akses internet jaringan wifi yang sudah bisa direalisasikan sebanyak 185 lokasi dengan radius 100 meter persegi, di antaranya, di 165 lokasi lembaga pendidikan dan lainnya di lokasi umum.

Ia memberikan gambaran akses internet jaringan wifi yang akan dipasang kemudian, mulai kawasan penghasil salak di Desa Wedi, Kecamatan Kalianyar, agro wisata belimbing di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, juga lokasi lainnya yang berkaitan dengan pangan. "Begitu pula lokasi yang berkaitan dengan kawasan industri migas juga akan dipasang jaringan wifi," ucapnya.

Ia mengatakan, pengembangan akses internet jaringan wifi di pelosok pedesaan akan terhambat sumber daya manusia. Namun akan dilakukan pendidikan dan pendampingan kepada masyarakat seperti kepada usaha kecil dan menengah (UKM) agar bisa menguasai jaringan internet, bahkan bisa membuat blog sendiri untuk memasarkan produknya.

"Kita sudah menyiapkan 20 relawan informasi dan teknologi (IT) yang akan melakukan edukasi dan pendampingan kepada masyarakat." tandasnya.

Berapa dana yang dibutuhkan untuk membangun jaringan wifi di daerah setempat, Ivonne mengaku tidak bisa menyebutkan dengan alasan pengembangan akses internet melalui jaringan wifi merupakan pengembangan jaringan internet secara nasional.

Ya kehadiran Wifi di 1000 lokasi di Bojonegoro akan meningkatkan akses masyarakat keranah internet dan akan menambah informasi yang diterima tentu yang berguna bagi masyarakat.Yuk gabung dengan gerakan cinta mereh putih dengan follow @minesiastore

No comments:

Bendung Raknamo Yang Tak Sekedar Kado

Bendungan Raknamo (Detik.com) Selasa 9 Januari 2018menjadi hari spesial bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur, karena selain kunjungan p...