Tuesday 24 September 2013

Robot Pengendali Rumah Ini Buatan Siswa Smp Indonesia

Ilustrasi Robot


Dua siswa SMP di Gresik, Jawa Timur, berhasil menciptakan robot pengendali rumah berteknologi wireless atau neorologic home. Robot tersebut mampu menyalakan lampu rumah dari jarak jauh. Prakarya robot hasil aplikasi mata pelajaran IPA dan Teknologi Informasi itu berhasil menyabet gelar juara dalam Indonesia Information and Comunication Technology Award (Inaicta) 2013 di Jakarta beberapa waktu lalu.

Dua siswa jenius itu adalah Muhammad Ardika Rifqi dan Muhammad Heaven Handoko, siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 12 Gresik. Agar bisa terhubung dengan robot neo, para pengguna harus melakukan login terlebih dulu dan mendaftarkan rumahnya ke neorologic home.

Rifqi, menerangkan, ide pembuatan robot tersebut berawal dari keprihatinan atas maraknya kejahatan pembobolan rumah kosong. Rifqi kemudian mengajak teman sebangkunya, Heaven, yang memiliki kesamaan hobi di bidang teknologi informasi. Berkat ketekunan mereka serta bimbingan guru, mereka berhasil membuat robot tersebut.

Isa Iskandar, guru pembimbing Rifqi dan Heaven, mengatakan, pihaknya mendorong ide kreatif para siswa untuk mengembangkan hasil temuan mereka. Robot tersebut, lanjut dia, tidak sekadar bisa menyalakan lampu rumah dari jarak jauh saja, tetapi juga memantau kondisi rumah, seperti dilakukan CCTV.

Robot neo menggunakan board microprocessor bernama arduino uno untuk mengolah seluruh perintah yang dikeluarkan neo. Saat menyalakan port arduino, neo akan langsung memberikan umpan balik berupa port dan menyatakan kondisi lampu sudah hidup, padam, atau gagal dinyalakan. Sehingga, pengguna bisa langsung menindaklanjutinya.

Sumber

No comments:

Bendung Raknamo Yang Tak Sekedar Kado

Bendungan Raknamo (Detik.com) Selasa 9 Januari 2018menjadi hari spesial bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur, karena selain kunjungan p...